Powered By Blogger

Jumat, 07 September 2012

KADO SPECIAL UNTUK MAHASISWA BARU

Immawati Rugayyah

 Menurut Dr. Mohtar Mas’oud, mahasiswa merupakan makhluk istimewa. Mereka ada pada lapisan umur yang memungkinkan untuk menjadi energenik dan cocok untuk menjadi pelopor perbaikan keadaan. Kata maha mempunyai arti paling tinggi atau lebih tinggi, sementara kata siswa merupakan seorang yang terpelajar (baik secara individu maupun kelompok). Jadi, mahasiswa adalah seorang yang terpelajar yang mempunyai kedudukan tertinggi diantara pelajar-pelajar lainnya (dalam tingkatan akademik seperti SD, SMP, dan SMA).
Menjadi mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Namun pada kenyataannya, menjadi mahasiswa tidak semudah yang dibayangakan. Perjuangan untuk dapat lulus tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi bukan hal yang gampang untuk diwujudkan. Belum lagi jika harus berhadapan dengan para dosen yang killer, mengikuti jam kuliah yang membosankan,  atau menyelesaikan seabreg tugas sambil menjalankan kegiatan di organisasi kampus.
Tujuan mahasiswa adalah untuk memahami fenomena-fenomena yang terdapat dalam suatu tatanan yang disebut masyarakat baik dari segi politik, ekonomi, sosial, dll. Untuk mencapai tujuan tersebut maka interaksi yang inten sangatlah diperlukan guna menghindari hal-hal yang bersifat miskomunikasi. Perlu dipahami bahwa komunikasi juga dapat membawa bencana pribadi. Tetapi ini biasanya terjadi bagi orang-orang yang tidak menggunakan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Sebagai mahasiswa yang patut untuk dibanggakan, berikut ada tips dari kakanda Dian Pramana Putra (Mahasiswa yang memiliki segudang prestasi dan merupakan alumni Unismuh Makassar), yang tertuang dalam bukunya yang berjudul motivasi sukses di perguruan tinggi. Tipsnya sebagai berikut:

1.        Berprestasi di awal semester, buatlah prestasi akademik di awal semester. Prestasi yang cemerlang akan menjadi langkah awal yang baik untuk semester-semester berikutnya.
2.        Selektif dalam memilih teman, kemandirian di perguruan tinggi membuat pergaulan sesama mahasiswa cenderung bersifat individualistis. Pilihlah teman yang cocok dan bisa menunjang studimu karena teman memberikan pengaruh yang cukup besar. Teman diperlukan untuk belajar, berdiskusi, mengerjakan tugas-tugas kuliah atau untuk mendapatkan informasi.
3.        Kenali seniormu, bersikap baik dan sopanlah terhadap senior. Bukan berarti senior itu gila hormat. Mereka akan lebih bersimpati kalau kamu menghormati mereka. Gunanya agar kamu mudah memperoleh pinjaman buku plus soal-soal ujian tahun lalu. Disamping itu kamu juga dapat memperoleh informasi tentang dosen, mata kuliah, dan berbagai informasi penting karena senior sudah lebih berpengalaman.
4.        Seringlah mengunjungi perpustakaan karena perpustakaan adalah gudang ilmu dan informasi. Dijamin tidak akan rugi apalagi jika bisa meminjam buku kuliah dari situ, kan bisa menghemat uang kuliah.
5.        Jadilah mahasiswa yang aktif. Ikutilah aktivitas-aktivitas di luar kuliah yang bisa menambah wawasan. Kamu bisa mengembangkan kemampuan serta menyalurkan ide-ide cemerlang dalam setiap kegiatan yang kamu ikuti. Yang lebih penting, kamu akan mempunyai kemampuan manajerial dan keterampilan di bidang tertentu yang dibutuhkan ketika nantinya sudah terjung ke masyarakat.
6.        Mengatur waktu kebebasan dan kemandirian yang terdapat di perguruan tinggi membuat kamu dapat mengatur studi sendiri. Maka pandailah mengatur waktu antara kuliah dengan kegiatan-kegiatan eksternal. Sempatkan waktu untuk mengerjakan tugas kuliah di sela-sela kegiatan. Jangan pernah menerapkan SKS (Sisten kebut Semalam) ketika menghadapi ujian. Cicillah waktu belajarmu sedikit demi sedikit.
7.        Jangan ketinggalan informasi tentang kuliah, kegiatan-kegiatan kampus, beasiswa, dan informasi penting lainnya. Ada kalanya dosen membatalkan atau memajukan jadwal kuliah atau bahkan ujian tanpa pengumuman secara langsung kepada mahasiswa.
8.        Jaga kesehatan karena sangat mempengaruhi prestasi belajar. Aturlah waktu makan, belajar, istirahat, olah raga, dan laksanakan dengan disiplin.
9.        Pertahankan motivasi untuk meraih prestasi yang baik. Dengan demikian setiap permasalahan yang timbul dalam perkuliahan dapat kamu atasi dan lebih bersemanagat kuliah.
10.    Ingat tujuan utama kulia! Jangan kecewakan orang tuamu dengan memberikan prestasi yang buruk. Tunjukanlah bahwa kamu bisa berhasil di bangku kuliah tanpa harus terhambat organisasi. Karena organiisasi dapat menunjang kuliah.
Tips di atas sangat membantu mahasiswa baru jika betul-betul diterapkan dalam kesehariannya sebagai seorang mahasiswa. Perguruan tinggi bukanlah pabrik yang hanya memproduksi sarjana-sarjana ber-IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tinggi. Tetapi juga sarjana yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan cakrawala berfikir. Karena IPK tinggi bukanlah satu-satunya tujuan mahasiswa. Jadi butuh kesadaran untuk mengembangkan diri dengan kesadaran diri yang lebih tinggi untuk belajar. Belajar di perguruan tinggi tentu memiliki perbedaan dengan masa sekolah menengah dulu. Pengetahuan di perguruan tinggi dapat diperoleh dengan kuliah (belajar), seminar, diskusi, ceramah, workshoop, bahkan beragam organisasi yang dapat menunjang kuliah. Mulai dari kegiatan jurnalistik, olahraga, teater, pramuka, kesenian, palang merah, bahkan ada yang namanya pengkaderan. Jadi pilihlah arganisasi yang kamu senangi dan sesuai dengan bakatmu.
Di Universitas Muhammadiyah Makassar ada salah satu organisasi yang legal melakukan pengkaderan untuk mempasilitasi  adik-adik mahasiswa baru dalam hal pergaulan di ibu kota. Karena pergaulan di kota sangat keras, bahkan ada kata pepatah yang mengatakan bahwa ibu kota lebih kejam daripada ibu tiri. Organisasi ini akrab disebut dengan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah). Semua mahasiswa yang terdaftar resmi di Unismuh tidak dapat selesai atau sarjana tanpa melalui proses DAD (Darul Arqam Dasar) yang dilaksanakan oleh IMM. Jadi untuk para adik-adik mahasiswa baru agar segera mungkin untuk mengikuti DAD ini karena ada banyak ilmu yang akan anda dapatkan yang tidak mungkin anda dapati di dalam ruang perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar